5/1/10

Seminar Kedua Tahun 2010


Pengamatan dengan penginderaan jauh atau remote sensing bermanfaat untuk melengkapi berbagai peralatan pengukuran insitu yang ada. Radio Detection and Ranging (Radar) adalah salah satu alat dengan sistem remote sensing untuk mengamati obyek tertentu baik di darat, laut, maupun udara bahkan di bawah permukaan (ground penetrate). PPET-LIPI bekerjasama dengan ITB, Universitas Delft Belanda, dan Akademi Angkatan Udara menyelenggarakan seminar tentang Radar tanggal 28 April 2010 dan workshop tanggal 29 April 2010.
Sebagai peneliti yang sudah sejak lama memanfaatkan radar untuk 'soft target' yaitu untuk mengamati dinamika lapisan atmosfer dengan MF, HF, dan VHF Radar, tentu sangat tertarik untuk mengikuti acara itu. Acara itu sebenarnya masih perkaitan dengan suksesnya riset LIPI yang berhasil membuat radar maritim yang dinamakan ISRA (Indonesian Sea Radar).
Hari pertama diawali oleh presentasi dari LIPI, RISTEK, dan User, yang dalam hal ini disampaikan oleh Departemen Perhubungan (Dirjen...). Kalau hari pertama lebih banyak membicarakan kebijakan, pada hari kedua workshop banyak membahas tentang radar sendiri. Prof. Lighart, ahli radar dari Delft University memberikan presentasi tentang Prinsip2 Dasar Radar. Kemudian disusul oleh Pemeliharaan Radar (AU), Jammer/Pengacak Sinyal (LIPI), dan terakhir sebagai primadonanya tentu saja dipresentasikan tentang ISRA, si radar pengawas pantai. Overall menarik, walaupun keistiqomahan peserta untuk mengikuti acara sampai selesai sangat mengecewakan. Sebagai kontribusi dalam acara ini saya menyajikan poster yang berisi apa yang sudah dilakukan selama ini dengan MF Radar untuk penelitian dinamika atmosfer dan ionosfer.

No comments: