3/31/09

Cuaca Antariksa

Dyah R Martiningrum
Peneliti Bidang Ionosfer dan Telekomunikasi

Seperti beberapa waktu yang lalu saya singgung tentang cuaca antariksa dalam pembahasan tentang ionosfer, maka dalam postingan kali ini saya coba review singkat pemahaman tentang spce weather alias cuaca antariksa. Istilah ini beberapa waktu lalu sering disinggung-singgung berkaitan dengan ramalan suku maya tentang kiamat tahun 2012. Saya tidak akan membahas tentang itu karena sudah sangat banyak bahasan tentangnya dari sisi ilmiah.
Cuaca yang umunya kita kenal berhubungan dengan semua fenomena yang terjadi di atmsofer bumi. Lalu apa itu cuaca antariksa? Cuaca antariksa adalah perubahan kondisi lingkungan di antariksa alias luar angkasa. Hal ini berbeda dengan konsep cuaca di atmosfer. Cuaca antariksa lebih dekat kepada pembahasan tentang fenomena yang melibatkan lingkungan plasma, medan magnet, radiasi, dan hal-hal lain di angkasa.
Dalam sistem tata surya, cuaca antariska lebih banyak dipengaruhi kecepatan dan kerapatan angin surya dan medan magnet antar planet yang dibawa oleh plasma angin surya. Berbagai fenomena fisika yang berhubungan dengan cuaca antariksa antara lain badai geomagnet dan substorm, pembentukan energi dari sabuk radiasi van Allen, gangguan-gangguan di lapisan ionosfer dan sintilasi, aurora (: baca postingan sebelumnya), arus-arus induksi geomagnet pada permukaan bumi. Ada lagi fenomena pelontaran partikel dari matahari yang dikenal dengan istilah Coronal Mass Ejection (CME) dan kaitannya dengan gelombang kejut (shock waves) yang juga penting perannya dalam cuaca antariksa dalam memicu terjadinya badai geomagnet. Fenomena cuaca antariksa lain adalah solar flare yang dapat merusak peralatan elektronik yang terpasang pada pesawat ruang angkasa. Solar flare yang besar yang mencapai lapisan ionosfer akan dapat juga mengganggu operasional komunikasi radio dan komunikasi satelit. Bagaimana penjelasan tentang berbagai fenomena tersebut terutama yang berhubungan dengan lapisan ionosfer akan saya bahas kemudian. I will be back!

Dibaca dari berbagai sumber.

3 comments:

tanya_kenapa said...

apakah dampak cuaca antariksa bagi bumi?
dan apa antisipasi untuk mencegah dampak negatif dari cuaca antariksa?

tanya_kenapa said...

apa dampak cuaca antariksa?

DyahMartiningrum said...

Maaf,lm nggak login blog. Dampak cuaca antariksa sebenarnya lebih kpd dampak terhadap teknologi yg memanfaaatkan atmosfer atas sbg media, misalnya pada komunikasi yg memanfaatkan satelit dan gelombang elektromagnetik lainnya. Kebayang nggak bila mesin2 atm tiba2 terganggu, pasti akan berdampak pd bid ekonomi. Penerbangan tentu bidng lain yg akan terpengaruh. Alat pacu jantung bs jd akan mengalami gangguan jg. Namum demikian tentu aktivitas matahari yang sangat besar dan mengarah ke bumi yg akan punya dampak demikian.