7/23/09

Yang Unik dari Gerhana 22 Juli 2009



Pada gerhana matahari 22 Juli 2009 kemarin Nepal adalah salah satu negara yang mengalaminya secara total. Masyarakat tradisional Nepal meyakini bahwa adanya gerhana akan berpengaruh buruk terhadap kehidupan mereka. Antara lain bahwa gerhana akan diikuti dengan terjadinya bencana alam. Mereka tidak dibolehkan keluar rumah dan dianjurkan untuk tidak makan dan tidak minum.
Yang unik dan lucu lagi adalah para wanita yang sedang hamil agar tetap di dalam rumah karena gerhana matahari akan berdampak terhadap kehamilannya sehingga akan mengalami kesulitan saat melahirkan. Di banyak rumah sakit, para calon orangtua bahkan rela menunda jadwal operasi caesar agar tidak bertepatan dengan gerhana matahari. Saat itu masyarakat juga berbondong-bondong ke tempat ibadah atau tempat2 yang dianggap suci untuk menyaksikan gerhana matahari tersebut dan mungkin untuk berlindung dari pengaruh buruk gerhana matahari.
Tapi sebenarnya sebagian masyarakat juga sudah mengabaikan tradisi tersebut karena biro perjalanan setempat bahkan menawarkan penerbangan ke puncak Everest untuk menyaksikan kejadian gerhana tersebut. (Sumber : www.bbc.co.uk)

No comments: