12/10/13

Sebagian Kecil dari Radar (I)

Dyah R M
Bidang Ionosfer dan Telekomunikasi

Bidang pekerjaan apapun, ketika memanfaatkan alat bantu, tentu yang ingin dilakukan pertama adalah mengenal alat bantu tersebut. Begitu juga, ketika saya memilih menggunakan data dari peralatan tertentu, alangkah baiknya saya tahu secara teknik bagaimana alat itu dirancang, proses datanya, dan data luarannya.
Karena latar belakang pendidikan saya adalah sains dan saya mungkin sebenarnya bukan orang yang rajin dan telaten untuk belajar teknik, maka selama ini saya agak mengabaikan masalah teknik dari peralatan yang datanya saya gunakan. Sekarang, karena tuntutan studi dan situasi :), saya harus lebih dalam membedah tentang radar karena hampir setiap saat pembimbing saya meluangkan waktu untuk mendiskusikannya. Perbedaan sangat terasa bila ilmu disampaikan oleh ahlinya dibandingkan dengan yang bukan ahlinya. Waktu berjalan tidak terasa ketika diskusi dilakukan dengan pemahaman yang baik oleh narasumbernya. Yang rumit menjadi sangat menarik.
Dengan semangat ikatlah ilmu dengan menuliskannya (dalam hal ini menggambarkannya), maka saya buat catatan ini terutama untuk mengingatkan pada diri sendiri dan tentu tulisan(gambar2) ini tentang sebagian kecil dari radar oleh orang yang tidak punya dasar teknik radar sebelumnya.
Spektrum Gelombang Elektromagnetik.

Alokasi pita frekuensi untuk radar

Jenis Radar berdasar pita Frekuensinya

Antenna dan Pola Radiasinya (Ex: Phase Array Radar)

Drift Vertikal dan Kecepatan Radial

Angin Netral dari Kecepatan Radial

To be continued
Taken from several sources mainly from ISAR 2012 materials.

No comments: