9/8/12

Visiting Research di Kyoto University

Dyah R Martiningrum
Peneliti Ionosfer LAPAN

Kansai International Airport

Bersamaan dengan pengumuman tawaran beasiswa dari RISTEK sebenarnya ada program lain yang ditawarkan. Sayangnya tidak banyak yang mengetahui program tersebut yaitu ada pemagangan riset,  kursus bahasa inggris di bali, juga pendanaan untuk publikasi internasional. Sebenarnya ingin sekolah lagi, tetapi dengan berbagai pertimbangan sementara ditunda dulu. Menurut saya ilmu bisa didapat dimana saja dan dengan cara apa saja. Salah satunya adalah dengan program pemagangan riset yang ditawarkan Kemenristek ini.
Syaratnya tidak terlalu rumit. Yang perlu disiapkan adalah surat rekomendasi dari instansi/PT dimana kita akan magang dan yang paling penting adalah proposal kegiatan yang akan dilakukan di sana.
Kyoto University (Main Campus)

Alhamdulillah proposal saya diterima untuk didanai RISTEK magang di Research Institute for Sustainable Humanosphere (RISH), salah satu lembaga penelitian di Kyoto University, dimana sudah lama terjalin kerjasama dengan LAPAN.
Tanggal 28 Juni pagi, alhamdulillah saya sudah sampaidi Kansai Airport Osaka. Menurut email dari sekretaris Yamamoto Lab. dimana saya magang, nanti saya akan dijemput shuttle bus. Sempat ditanya-tanya lumayan lama sama seorang polisi, yang walaupun sangat sopan, tapi pertanyaannya agak detil, masak sampai ke bidang penelitian saya, dan bla..bla..bla... Setelah saya bilang saya ada yang jemput cepat2 dia antar saya ke gerai shuttle bus di bandara dan memang seseorang di situ membawa papan bertulis nama saya. Melihat keramahan supir dan cara dia membukakan dan menutup pintu setiap ada yang mau turun jadi ingat supir2 limo di film-film.
Mukaijima Gakusei Center

Perjalanan darat sekitar 2 jam-an sampailah saya di alamat. Disambut seorang wanita yang ramah, yang ternyata pegawai di Mukaijima Gakusei Center. Karena waktunya sdh siang dan saya harus ketemu Sensei, maka semacam brifing untuk penghuni baru ditunda esok harinya. Sekretaris Lab., seorang ibu muda yang ramah dan baik mengantar saya ke kamar sambil menyerahkan berbagai barang yang mungkin saya perlukan (piring,sendok, panci, gelas, dll sampai kain lap dan tissue). Terima kasih Kakihara-san, saya akan selalu mengingat kebaikanmu...
Sekitar jam 2 siang saya ketemu Sensei, membicarakan berbagai hal terutama apa yang akan saya lakukan, bahkan sampai ke masalah uang saya cukup nggak untuk sewa apato dll...
Research Institute for Sustainable Humanosphere, Kyoto Univ.

Alhamdulillah hari itu semuanya lancar dan selamat datang di Uji-shi...selamat menikmati kehidupan negara maju yang sangat terkenal dengan segala keramahan, kedisiplinan, kejujuran, kegigihan, dll, mudah2an banyak pelajaran akan saya dapatkan ....

No comments: