1/5/10

Evaluasi

Salah satu kemampuan yang dituntut dari seorang peneliti adalah mampu menuliskan hasil olah pikir dan kreativitasnya dalam bentuk tulisan ilmiah baik itu dalam forum ilmiah maupun media lain, misalnya majalah atau koran. Yang terakhir ini membutuhkan kemampuan mengolah informasi ilmiah dalam bahasa yang lebih populer, sehingga dipahami oleh masyarakat umum.
Berikut adalah salah satu usaha mendokumentasikan apa yang sudah saya lakukan sepanjang tahun 2009. Terima kasih kepada semua teman yang ikut terlibat langsung maupun tak langsung dalan seluruh kegiatan penelitian tahun ini. Jazakumullah.
Tahun 2009, alhamdulillah dapat dihasilkan 5 tulisan ilmiah yang telah disampaikan dalam forum seminar dan buku ilmiah LAPAN dengan judul-juduknya adalah sbb :

1. Analisis Data Pengamatan Frekuensi Kritis Lapisan F2(foF2) Ionosfer untuk Validasi Model Ionosfer Near Real Time Indonesia, Prosiding Seminar Matematika Unika Parahyangan, ISSN : 1907-3909.
2. Pemanfaatan Data Ionosonde dan MF Radar untuk Pedoman Operasional Komunikasi Near Vertical Incidence Skywave (NVIS), Prosiding Seminar Matematika Unika Parahyangan, ISSN : 1907-3909.
3. Frekuensi Kritis Lapisan F2 (foF2) Ionosfer antara Keluaran Model Ionosfer Near Real Time Indonesia dan Model IRI-2007, Buku Ilmiah Pusfatsainsa LAPAN.
4. Variasi fmin Lapisan Ionosfer di Atas Sumedang pada Saat Terjadi Petir di Ciater, Buku Ilmiah Pusfatsainsa LAPAN.
5. Fenomena Cuaca Antariksa, Buku Pusfatsainsa, Penerbit PuspaSwara.

Mudah-mudahan tahun 2010 akan lebih baik lagi baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Amiin.

No comments: