2/1/12

Identifikasi Sudden Ionospheric Disturbances dengan Data Radar MF

Dyah R Martiningrum
Peneliti Bidang Ionosfer dan Telekomunikasi LAPAN

Berdasarkan hasil prediksi cuaca antariksa yang diberikan oleh para ahli, maka kemungkinan puncak siklus aktivitas matahari ke 24 akan terjadi pada sekitar Mei 2013 seperti diberitakan di sini. Menanggapi hal tersebut kita tidak usah terlalu khawatir, meskipun harus tetap waspada.
Sebagai seorang peneliti lapisan ionosfer, saya dan teman-teman dulu pada tahun 2010 pernah mencoba memanfaatkan data radar MF untuk identifikasi pengaruh solar flare terhadap lapisan ionosfer. Kalau biasanya data radar MF kami manfaatkan untuk meneliti dinamika di lapisan atmosfer tengah dan atas (termasuk lapisan ionosfer), melalui pemanfaatan parameter kecepatan angin netralnya, maka saat itu kami mencoba mengolah data signal to noise rasionya untuk melihat absorpsi di lapisan D ionosfer akibat peristiwa flare. Dan posternya telah dipublikasikan saat itu dalam suatu acara Workshop on Ground Based Atmosphere Observation Network in Equatorial Asia yang diadakan LAPAN di Bandung, 2-3 Maret 2009 lalu.
Hasilnya sementara menunjukkan bahwa data SNR merespon kejadian flare berupa penurunan kuat sinyalnya, seperti dapat dilihat pada poster berikut :

No comments: